header image
Home arrow FAQs arrow AM Stereo CQUAM arrow Siaran Radio AM dengan metode Stereo C-QUAM
Siaran Radio AM dengan metode Stereo C-QUAM PDF Print E-mail
User Rating: / 2
PoorBest 
Written by Eddy Santoso   
Nov 19, 2005 at 07:25 AM

C-QUAM (Compatible-Quadrature Amplitude Modulation) adalah metode siaran AM stereo yang banyak digunakan di Kanada, Amerika Serikat dan kebanyakan negara-negara lain. Sistem tersebut ditemukan pada tahun 1977 oleh Norman Parker, Francis Hilbert, dan Yoshio Sakaie, dan dipublikasikan dalam jurnal IEEE.

Menggunakan sistem rangkaian yang dikembangkan oleh Motorola, C-QUAM menggunakan quadrature amplitude modulasi (QAM) untuk menyandikan pemisahan isyarat stereo. Isyarat tambahan ini adalah isyarat yg dapat disandikan kembali dengan cara yang kompatibel dengan detektor amplop pada sistem penerima AM biasa (oleh karena itu diberi nama C-QUAM).

Sebuah penanda Stereo 25 Hz ditambahkan pada sistem tersebut, untuk memicu penerima radio AM agar dapat menjalankan sistem penerima radio dari mono menjadi stereo. Hal tersebut diatas TIDAK diperlukan untuk rekonstruksi sumber isyarat suara yang asli / pada AM-Mono.

Seperti halnya pada subcarrier yang digunakan untuk sistem FM stereo, isyarat suara didalam isyarat C-QUAM adalah perbedaan stereo saluran kiri “dikurangi” saluran kanan atau L - R. Audio yang utama / audio mono adalah penjumlahan dari audio stereo, atau saluran kiri “ditambah” saluran kanan atau L + R. Setelah di-demodulasi sepenuhnya pada sistem penerima radio, hasil tersebut ditambahkan bersama dua saluran kiri lagi (L + R + (L-R) = 2L) serta dikurangkan bersama oleh dua saluran kanan (L + R - (L-R) = 2R ). Ini adalah metode multiplexing audio yang umum pada semua sistem stereo analog.

Last Updated ( May 04, 2010 at 08:09 PM )

Sistem penguatan pelacakan (gain tracking) digunakan diantara detektor AM dan PM agar semua proporsi isyarat tepat satu sama lain

Random Image
Picture 545.jpg